6 Ciri Perumahan Layak Huni Yang Wajib Ada


Perumahan memang identik dengan wilayah perkotaan. Dimana, kebanyakan perumahan ini dihuni oleh masyarkat menengah ke atas. Seiring dengan berjalannya waktu, perubahan sosial pun semakin jelas terasa. Kini orang-orang mulai beralih dari perkampungan menuju perumahan. Ya, sekarang ini perumahan mulai merambah ke desa-desa.

6 Ciri Perumahan Layak Huni Yang Wajib Ada

Permintaan akan perumahan semakin tinggi saja seiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut sangat disambut baik oleh pengembang perumahan. Namun, seorang pengembang perumahan harus memperhatikan ciri-ciri perumahan layak huni agar si pengguna merasa tertarik dan betah untuk tinggal di rumah tersebut.

Ada beberapa ciri-ciri perumahan layak huni yang harus diperhatikan oleh pengembang perumahan, seperti yang akan dipaparkan berikut ini.

1. Bebas bencana

Ciri-ciri perumahan layak huni yang pertama adalah bebas dari bencana. Setiap orang pastinya tidak ingin terkena bencana karena dapat merusak asset dan bahkan dapat merenggut nyawa diri sendiri. Bencana seperti banjir dan tanah longsor sudah kerap kali terjadi di Indonesia, tak terkecuali di perumahan.

Biasanya, calon penghuni perumahan akan bertanya terlebih dahulu kepada pengembang apakah kawasan tersebut rawan bencana atau tidak. Tak hanya sekedar bertanya kepada pengembang saja, biasanya juga melakukan survey secara langsung dengan bertanya kepada masyarakat sekitar agar lebih yakin lagi dalam menentukan pilihan.

Hal ini merupakan poin penting yang harus diperhatikan oleh pengembang perumahan. Dimana, memilih lokasi yang rawan bencana dan meminimalisir terjadinya bencana yang bisa terjadi karena ulah manusia. Merupakan sebuah keharusan jika ingin mendapatkan banyak pelanggan.

2. Bangunannya kokoh

Pilihlah semen dan material bangunan lainnya yang berkualitas bagus agar bangunan tetap kokoh dan tahan lama. Hal ini juga poin penting yang diperhatikan oleh calon penghuni rumah. Siapa saja pastinya ingin tinggal di rumah yang nyaman dan memiliki bangunan yang kokoh agar tercipta keamanan dan kenyamanan ketika berada di dalam rumah.

Selain kokoh, sebaiknya rumah dilengkapi dengan gaya arsitektur yang bagus agar semakin menarik perhatian calon penghuni rumah. Kerahkan kemampuan Anda dalam mendesain sebuah rumah, jika perlu konsultasikan kepada ahli arsitektur agar hasilnya memuaskan dan banyak yang meminatinya.

3. Terdapat ventilasi udara

Ventilasi udara adalah komponen yang wajib ada di sebuah rumah. Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana pengapnya sebuah rumah yang tidak terdapat ventilasi udaranya.

Adanya ventilasi udara juga merupakan ciri dari rumah yang sehat. Dimana, udara bisa tergantikan dengan yang lebih sehat sehingga paru-paru juga akan lebih sehat.

Terlebih lagi di kawasan yang masih asri dimana banyak pohon yang berada di sekitar rumah dan belum banyak terdapat polusi. Sepertinya ciri-ciri perumahan layak huni yang satu ini sudah tidak perlu diperdebatkan lagi karena identiknya setiap rumah pasti memiliki ventilasi udara.

4. Sumber air dan listrik bagus

Sumber air bisa didapatkan dengan cara mengebor tanah yang di dalamnya terdapat air dengan kualitas bagus atau bisa juga dengan memanfaatkan perusahaan air yang akan menjamin kelancaran air dari perumahan tersebut.

Air merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia, untuk itu ciri-ciri perumahan layak huni ini harus selalu diutamakan.

Selain air, listrik juga sangat diperlukan untuk penerangan, kulkas, setrika, televisi, dan lain sebagainya. Kebutuhan tersebut tidak dapat diganggu gugat karena memang penting di zaman sekarang ini.

Air yang lancar dan listrik yang memadai akan membuat penghuni rumah merasa senang dan puas tentunya.

5. Sirkulasi pembuangan air lancar

Sirkulasi pembuangan air harus dibuat dengan baik agar tidak mencemari lingkungan atau mencemari udara. Jangan sampai saluran pembuangan air mampet karena baunya akan mencemari lingkungan sekitar dan tentu tidak sedap dipandang. lakukanlah perencanaan sirkulasi pembuangan air dengan baik kemudian dibersihkan secara periodik agar tidak ada masalah yang berarti.

Dalam mewujudkan sirkulasi pembuangan air yang lancar juga perlu kerjasama dari setiap penghuni rumah untuk tidak membuang sampah di aliran air ataupun melakukan kegiatan lainnya yang dapat membuat got tersumbat.

6. Adanya lahan kosong sebagai fasilitas sosial

Di dalam perumahan, penting sekali untuk menyediakan lahan kosong yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas sosial. Bersosialisasi dengan masyarakat sekitar memang sangat diperlukan untuk menumbuhkan rasa gotong royong dan semangat kebersamaan.

Meskipun memiliki kesibukkan masing-masing namun alangkah lebih baik jika meluangkan sedikit waktu untuk bersoisalisasi dengan warga sekitar.

Pengembang perumahan bisa menyediakan satu lahan kosong yang lusa untuk diisi permainan anak-anak kemudian didesain seperti taman yang terdapat banyak pohon dan rumput yang subur.

Dengan begitu, warga akan merasa nyaman, tentram, dan damai sehingga kegiatan kumpul bersama menjadi lebih menyenangkan. Dengan kerukunan yang terjalin antar penghuni rumah akan membuat siapa saja betah dan tidak ingin pindah dari tempat tersebut.

Sekian 6 ciri perumahan layak huni yang disajikan untuk Anda. Mengingat, ciri tersebut begitu penting untuk memperoleh banyak pelanggan, maka jangan lupa untuk menerapkannya.